Jumat, 13 Desember 2013

Sedikit Curcol Tentang Asal Inspirasi



Inspirasi bisa datang di mana saja kapan saja.


Terdengar klise? Yah, mungkin memang benar. Namun ternyata di balik kata-kata klise nan mainstream itu tersembunyi makna yang dalam lho ^_^

Misalnya untuk diriku sendiri, berikut adalah beberapa asal inspirasi dari FF-FFku


1.       Black Dream


Cerita super sadis ini berasal dari pemikiran-pemikiran mendalamku mengenai sisi gelap manusia. Selama ini manusia selalu berfikir bahwa dirinya ‘putih’ dan tak mau mengakui sisi ‘hitam’ mereka. Dari FF inilah aku mencoba mengisahkan tentang sisi gelap pada masing-masing tokohnya. Mereka yang selalu bersikap seolah malaikat di depan namun sebenarnya adalah sosok iblis di belakang. ^_^

Tak ada maksud bashing chara lho di sini.

2.       Kranyy Volk


Cerita mengenai spionase ini berasal dari request Shen Mei Leng yang menginginkan GaaIno bertema spionase. Nah, untuk merealisasikannya, aku sampai bertapa di kamar mandi (bukan di WC lho) selama satu jam. Dari sanalah aku mengingat-ingat soal runtuhnya Uni Soviet dan hancurnya KGB. Karena KGB sudah tidak ada, dan sebagai gantinya hanya ada SVR, maka aku membuat kisah berlatarkan Rusia ini. Hohoho.

Sttt, sebenarnya aku salah menerjemahkan ‘serigala merah’ ke dalam bahasa Rusia lho. Soalnya aku kurang lancar membaca kirlik hahaha, jadi kata yang harusnya kubaca ‘Kranny Volk’ malah aku baca ‘Kranyy Volk’ >_<

3.       The Truth


Cerita soal detektif yang pernah mendapatkan tuduhan plagiat. Padahal aku nggak merasa memplagiat karya yang dituduhkan sebelumnya. -_-

Asal inspirasi dari saat lebaran, saat sedang mudik, karena jalan yang kami lalui sudah rusak parah akhirnya aku yang saat itu membonceng kakakku jadi terlonjak-lonjak di atas jok motor. ‘Berasa naik kuda di masa Ratu Victori,’ begitulah pikirku saat itu. Lalu, daripada stress mikirin nasip pantat yang tepos di atas motor, aku mengalihkan pikiran untuk membuat FF western dengan latar Zaman Victoria, ahahahaha.

4.       Seven Moments in Seven Years


Tantangan dari Meiko Sarasa a.k.a Riri Ayana membuatku meneguhkan hati untuk membuat FF pertama di fandom Harry Potter dengan pairing James Potter x Severus Snape. Bisa dibilang ini adalah FF yaoi pertama yang aku publish di FFn. Asal inspirasi adalah saat aku mencoba mengingat-ingat kembali kenangan masa SMP dulu. Nah, dari sanalah ide ‘nostalgia’ ini berasal.

Bicara soal FF ini, aku jadi teringat kalau aku belum memenuhi permintaannya Rea dan Mai. -_-

5.       Romance in Black


Perang dunia 3. FF ini lahir dari tantangan untuk membuat FF yang tak menyebutkan cinta dan kegilaanku ingin coba buat FF lime ._.

Dapat ide dari mana? Idenya sih dari FF serupa yang bercerita tentang rencana Amerika untuk melipatgandakan kekuatan nuklirnya. Dan dari sinilah aku terinspirasi untuk menceritakan tentang perang dunia ketiga. Ditambah dengan kegilaanku dengan pair USUK, FF yang harusnya merupakan pair Rochu ini berubah halauan begitu saja. Hahahaha

6.       White Love Story


Harusnya FF ini adalah hadiah untuk perayaan ulang tahun tanah airku yang ke 68. Tapi karena FF ini sempat hilang di laptop dan laptopku sempat error, maka akhirnya FF ini mengalami keterlambatan publish sampai 2 bulan. 0_0. Idenya berasal dari masa-masa rumah tangga (baca: penjajahan) Belanda di Indonesia selama 350 tahun. Dan tentu saja obsesiku pada USUK.

Harusnya FF ini adalah fluffy yang bahagia dari awal sampai akhir, namun entah mengapa jadi bergaya hurt begini.

7.       Bittersweet


FF Kuroshitsuji pesenan Ai akhirnya rampung juga. Bercerita tentang kematian sosok Ciel dan betapa Sebastian sangat kehilangan dirinya.

Terinspirasi dari… tidak dari mana-mana sebenarnya. Saat tanganku bergerak di keyboard tiba-tiba alurnya sudah terbentuk begitu saja di kepala -_-. Satu-satunya yang aku sayangkan dari FF ini adalah, beberapa hari setelah FF ini aku publish ke FFn, aku kehilangan salah seorang sahabat terbaikku untuk selamanya. Dan aku jadi berfikir, ‘Mungkin FF ini adalah suatu pertanda.’

8.       Chain of Revenge


hasil dari tantangan shindanmaker pertama. FF ini ditulis setelah aku gagal menulis 4 FF untuk tantangan ini sebelumnya. dan boleh percaya atau tidak, inspirasi FF ini datang saat pembahasan alkali tanah saat pelajaran kimia. >_< hahaha, nggak ada hubungannya ya? namun begitulah, saat orek-orek asal saking bosannya (tidak boleh ditiru) tiba-tiba plotnya terbentuk begitu saja.

Hm, sebenarnya ini adalah FF genderbande pertamaku dan aku merasakan keanehan saat harus menulis Romano versi perempuan. OwO

9.       Starting Over Again


Untuk tantangan weekly dengan tema fotografi. Sehari langsung selesai.

Saat membayangkan fotografi, hal pertama yang aku ingat adalah saat aku membaca koran waktu SD dulu. Ada foto besar bergambarkan album kenangan di tengah-tengah puing-puing kota Aceh selepas Tsunami 2004 terpajang di halaman pertama. Dan untuk merealisasikannya dalam bentuk FF,  aku menuliskan kisah yang menurutku sangat amburadul ini TT_TT 

10.   Non รจ Un Angelo


cerita mafia pertama di FFn yang malas aku lanjutkan #DOR

Inspirasi datang dari mana saja, dan untuk FF ini aku terinspirasi dari Gayus Tambunan. Setelah membahas mengenai mafia pajak, tiba-tiba aku jadi tertarik membuka-buka karya lama tentang mafia Italia. Dan saat itulah aku menemukan kembali konsep cerita ini. Karena kurasa idenya cukup orisinil dan menarik, aku menulis ulang cerita ini untuk dipublish di FFn. Hehehe.

11.   We’re All Victims


Cerita sederhana tentang cinta segitiga Austria x Prussia x Hungary yang berfokus pada yaoi PruAus >_<. Terinspirasi dari percakapan sepihak (karena aku bukannya serius memperhatikan pembicaraan malah ber-fangiling-an) dengan Dinar mengenai pernikahan (baca: pembentukan negara  dualistik) Austria-Hongaria dan ditambah pertempuran Prussia Austria hahaha

Hasil dari tantangan shindanmaker tahap 2.

 -

Kayaknya cukup segini deh, ocehan dariku.

Nah, kalau karyamu idenya dapat dari mana?

0 komentar:

Posting Komentar

 
The Star Princess Blogger Template by Ipietoon Blogger Template