Senin, 07 Oktober 2013

Ayo Nulis! Jangan Takut! Tips Bagi Kalian Yang Baru Mulai Menulis



“Menulis cerita itu susah!”

“Aku nggak bakat menulis cerita.”

“Aku udah nulis cerita, tapi hasilnya jelek!”
 
Aku sudah kesal denger alasan macam ini dari orang yang aku ajak untuk menulis. Tapi jika ditanya soal ‘Bagaimana sih caranya bisa membuat cerita?’ aku juga nggak bisa njawab. Alasannya mungkin karena aku hanya mengetik atau menuliskan apa yang terlintas dalam benakku saja di laptop atau kertas.


Tapi demi membuat kalian yang suka sekali mengatakan hal macam di atas, aku akan sebisa mungkin membagi trik-trik simpel bagi kalian yang enggan untuk memulai menulis. Semoga dapat membantu kalian mulai menulis.






1.       Siapkan mental dan jangan pikirkan bagus jeleknya tulisan.

Menurutku inilah yang pertama kali harus disiapkan saat kita ingin menulis. Mental yang tangguh dan juga sikap yang optimis adalah langkah pertama untuk memulai hari-hari sebagai seorang penulis pemula. 


Biarkan saja tulisan kalian mengalir seperti air, jangan pikirkan baik buruknya, yang penting terus menulis dan jangan berhenti. Sebelum kisah yang kalian tulis selesai, jangan lihat kebelakang dan tetap lanjutkan saja. Setelah selesai, barulah kalian baca lagi dari awal dan memperbaiki kesalahan yang ada. ^_^

2.       Jangan ragu untuk menunjukkannya pada orang lain dan meminta pendapat mereka.

Butuh persiapan hati yang tinggi untuk memulai melakukan hal ini. Karena tiap orang pasti takut jika mendapatkan kritik atau bahkan hinaan. 


Jika misalkan kalian takut untuk menunjukkannya pada orang yang dekat dengan kalian maka kalian bisa mengikuti caraku. Yaitu dengan mempostkannya di web sosial tempat banyak orang menulis. Dengan begitu kita bisa tetap mendapatkan kritik dan saran tanpa harus mencoreng muka kita dengan rasa malu.

3.       Minta bantuan seseorang untuk mengeditkan cerita yang kita buat.

Yap, editor. Carilah orang yang (nggak usah profesional) cukup mengerti tentang bahasa dan penggunaan tanda baca untuk mengeditkan cerita yang kita buat. Bisa keluarga, kenalan atau siapapun yang penting dia teliti dan bisa mengedit serta memberi saran untuk memajukan cerita yang kita buat.

4.       Bersiaplah menerima kritik dan masukan.

Ini adalah salah satu tahap yang paling berat menurutku. Sebagai seorang pemula, maka kita harus siap menerima segala kritik, saran, masukan dan komentar tentang cerita yang telah kita buat.

Jangan sakit hati pada orang yang mengkritikmu. Dan kamu juga harus selektif saat melaksanakan saran ya. Saran yang membangun kisah dan sesuai dengan gaya menulismu silahkan kamu ambil dan kamu kembangkan. Namun saran yang tak sesuai dengan dirimu bisa kamu tampung dulu. Jangan langsung menolaknya ya!

5.       Tetap semangat menulis!

Setelah bersakit-sakit menerima kritik dan bahkan mungkin hinaan, jangan berkecil hati! Saatnya kamu bangkit dan kembali menulis. Buktikan pada para pengkitik dan penghinamu kalau kamu MAMPU dan LEBIH BAIK dari yang mereka pikirkan!


Ambil kertas dan penamu, siapkan laptop dan obat matamu lagi! Ayo kita mulai menulis lagi!


Yap, kayaknya cukup segini aja tips untuk para pemula dunia tulis menulis yang masih takut untuk memulai. Kalian tak perlu takut, seluruh penulis besar di duniapun pernah menjadi seorang pemula. Dan siapa tahu kalian adalah salah satunya.


Sekarang saatnya kalian untuk mengubah segala alasan kalian di atas menjadi:


Aku pasti bisa menulis dengan baik!”


Salam dariku untuk kalian semuanya ^_^




Gee_And

0 komentar:

Posting Komentar

 
The Star Princess Blogger Template by Ipietoon Blogger Template