Sabtu, 17 Agustus 2013

Lagi-Lagi Tuduhan Plagiat :'(

Ah, lagi-lagi tuduhan ambigu ini dituduhkan untukku. Tapi kurasa aku nggak perlu khawatir karena pada dasarnya aku memang tidak memplagiat. Well, terserah orang mau bicara apa. Aku tak peduli, karena aku memang merasa tak memplagiat suatu karya milik orang lain, kok.



Kali ini yang menuduhku adalah seorang anonimous (Tulisannya bener nggak ya?). Yang bilang kalau ff yang kubuat mirip dan beberapa kalimatnya sama dengan novel Sherlock Holmes.

Dia tidak menjelaskan dengan gamblang, kemiripan itu dari novel Sherlock Holmes yang mana atau buku karangan siapa. Aku jadi makin bingung, buku Sherlock Holmes kan ada banyak. Coba kalau dia kasih tahu judul dan pengarangnya, pasti akan lebih mudah untukku mencari di sisi mana FFku mirip dengan novel tersebut.

FF The Truth memang bercerita tentang detectiva, dan aku akui profesi sang detektif yang diasisteni oleh dokter memang terinspirasi oleh Sherlock Holmes dan asistennya (Dokter siapa ya namanya?). Namun karakter-karakter lain pun aku ambil image dari beberapa novel dan komik detektif terkenal kok.

Karakter Sakura aku ambil dari image Heiji Hatori dari Detective Conan sementara image Sasuke aku ambil dari image Poirot (Tulisannya benar atau tidak?) dari novelnya Agatha Christie yang kugabung sama imagenya Sasuke sendiri. Image Naruto kuambil dari Anthony Cade dari novel Agatha Christie dan masih banyak yang lain.

Seperti yang kalian lihat? Kayaknya lebih cocok jika dibilang mirip dengan karya Agatha Christie, apalagi aku fansnya. Jika bicara soal Sherlock Holmes, bisa dikatakan aku buta. Satu-satunya novel atau kumcer (Aku tak tahu harus menyebutnya apa) bertokoh Holmes yang pernah aku baca dan aku miliki hanyalah Berlian Biru karya Sir Arthur Conan Doyle. Itupun terakhir aku baca 3 tahun yang lalu dan kurang memberikan kesan untukku (Maaf untuk para penggemarnya ya?).

Jangankan mengcopas kata-katanya. Ceritanya saja aku sudah tak ingat. Dan karena kesan pertama yang datar, aku jadi malas baca karya Doyle lainnya. (Digapruk para fans Doyle)

Setting dan penggambaran latarnya yang aku buat di zaman Victoria juga hanya karena aku sedang suka model pakaian zaman tersebut, dan ingin mencoba mendeskribsikannya melalui prosa.

Yah, untuk kedepannya aku harap dia mau login dan memberitahuku di bagian mana yang mirip. Akan dengan senang hati aku menerimanya. Siapa tahu ternyata otakku sejenius Doyle atau pengarang Holmes lainnya karena ide pikiran kami sama kan? (Ditendang)

0 komentar:

Posting Komentar

 
The Star Princess Blogger Template by Ipietoon Blogger Template