Senin, 12 Agustus 2013

Plagiarisme atau Plagiat

Halo, semuanya.

Postingan kali ini aku ingin sedikit membagikan pengalaman menyebalkanku mengenai Plagiat. Kurasa kalian pasti sudah tahu apa itu plagiat kan? Yap, plagiat adalah penjiplakan sebuah karya dan buah pikiran orang lain dan mengatakan jika hal itu milik kita.



Aku belum pernah memplagiat karya orang lain ataupun diplagiat. Tapi aku pernah berusaha menyadarkan seorang plagiat, yang udah jelas-jelas plagiat tapi tetep nggak mau ngaku dan ngerasa dirinya nggak bersalah.

Mungkin bagi para pengguna FFn terutama FFnI pastu sudah kenal dengan dua akun yang dimiliki oleh satu orang ini kan, kalau tidak salah namanya GirlLovePink is CuteGirl dan CuteGirl LovePink. Ya, dia adalah seorang plagiator ulung sekaligus penganut subculture alay yang sudah bikin ratusan penghuni FFn naik darah.

Tak seperti kebanyakan Author yang mencaci dan memakinya, aku sebisa mungkin tetap menggunakan bahasa yang halus dan sopan seperti yang diajarkan oleh orang tuaku. Namun kalian tahu apa yang dikatakannya padaku?

Dia balik mengataiku PLAGIATOR dan bahkan mengata-ngatai keluargaku sebagai PEMULUNG.

Maaf, tapi kurasa yang dilakukannya itu sama seperti maling teriak maling. Karena semua reader yang membaca FF buatanku sepertinya tahu kalau FF buatanku itu adalah hasil karyaku sendiri lengkap dengan segala kesalahan seperti typo, EYD yang kacau dan salah penggunaan nama tokoh (OK, ini memang memalukan) serta gaya bahasa yang aneh khas milikku.

Aku membuatnya dengan segala ide gila dan inspirasi aneh yang muncul dalam otakku. Setelah aku tanyakan pada beberapa reader yang aku kenal, mereka juga bilang kalau FFku nggak mirip sama FF manapun yang pernah mereka baca.

Yah, seperti yang dikatakan kakakku, 'Biarkan anjing menggonggong.' Toh sekarang dia telah lenyap. ^_^

Beda dengan pengalamanku, seorang temanku malah pernah dijebak menjadi plagiat oleh orang lain. Ceritanya seperti ini, dia masuk rumah sakit selama satu minggu dan nggak bisa membuat atau mempublish FF hasil karyanya. Namun di hari ke-2 dia masuk rumah sakit, tiba-tiba ada FF yang dipublish oleh akunnya yang memiliki kemiripan nyaris 80% dengan FF seorang penulis senior di FFn.

Aku sendiri baru tahu di hari ke-4 dan langsung melaporkannya ke temanku. Setelah itu, FF itu dihapus dan kami mengirim permintaan maaf dan penjelasan untuk para flamer di FF itu.

Usut punya usut ternyata itu adalah kegiatan balas dendam. Wkwkwk, tampaknya sekarang plagiarisme memang telah menyebar ya, ada baiknya kita berhati-hati.

And, please say no to plagiarisme!
sumber gambar: http://ahmadsa342.files.wordpress.com/2012/08/plagiat-erwinmiradi.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

 
The Star Princess Blogger Template by Ipietoon Blogger Template